Agar Balita Percaya Diri

Agar Balita Percaya Diri
Agar Balita Percaya Diri

Agar Balita Percaya Diri – Memiliki balita percaya diri berarti membuka kesempatan luas untuknya mengeksplorasi banyak hal. Sebab balita yang percaya diri akan merespons positif semua tawaran yang datang padanya. Mungkin ia akan senang dengan tawaran kursus ballet, bersemangat ikut acara mendongeng bersama serta tak sabar menanti lomba sepeda. Sebaliknya, balita tak percaya diri cenderung mengikuti Anda kemanapun Anda pergi, sulit beradaptasi dengan lingkungan baru serta kerap rewel akibat cemas yang berlebihan. Di masa mendatang, ia akan tumbuh menjadi pribadi yang tidak percaya diri.

Sebetulnya, kepercayaan diri untuk balita bisa dibangun sejak dini. Bahkan saat ini sudah banyak kok kursus kepribadian bagi balita usia 4 – 5 tahun di saat libur panjang. Tapi, tak harus selalu begitu, kok. Membangun kepercayaan diri bisa dimulai dari hal paling sederhana di rumah sendiri. Resep utama Agar Balita Percaya Diri ialah perasaan cukup diperhatikan, dicintai dan dihargai. Lalu dorong si kecil membangkitkan rasa percaya diri dengan mengikuti sejumlah aktivitas di luar rumah.

Dalam aktivitas sehari-hari, hindari untuk melabeli anak, menyudutkan serta membandingkan si kecil dengan anak lain. Saat ia menangis dan rewel saat acara keluarga, jangan cepat-cepat melabelinya sebagai anak cengeng yang Anda sebut-sebut kepada orang lain. Harga diri si kecil bisa hancur! Begitu juga jika ia berbuat kesalahan, seperti mengompol. “Kamu sih tadi enggak pipis waktu di rumah, kan gini deh jadinya. Repot semua.”

Hargai setiap si kecil berusaha melakuan tugasnya dengan benar. Misalnya ketika ia bisa makan sendiri tanpa rewel. Ketimbang Anda memarahinya saat ia salah, lebih baik rajin menghargainya saat ia melakukan hal yang benar atau saat ia bersikap baik. Bahkan ketika anak main games dan dia bisa menyelesaikan tantangan di tiap level, hargai saja. Jangan lantas menyudutkan “Ah kamu bisanya main games aja.”

Daftarkan balita ke sebuah klub aktivitas. Misalnya klub seni atau olahraga. Jangan paksa jika ia tak mau. Temani ia untuk melihat-lihat aktivitas klub dan dorong si kecil untuk ikut menikmati. Lakukan ini secara bertahap sesuai dengan perkembangan anak.

Demikianlah tadi ulasan kita kali ini tentang tips dan kiat-kiat Agar Balita Percaya Diri. Semoga bisa memberikan informasi dan menambah wawasan khususnya bagi kita para orang tua. Semoga bermanfaat, Terimakasih.